freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

TEKNOLOGI

Bisnis Digitalisasi Kawasan Industri kini Diincar Anak Usaha Krakatau Steel

15 Juli 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Bisnis Digital

Dokumentasi via sindonews.net

Bisnis digital kini telah menjadi sebuah keharusan untuk para pelaku bisnis dan semua pebisnis pun bergegas untuk menguatkan bisnis digitalnya.

Kerja sama lainnya yang akan segera berjalan yaitu dengan kawasan industri Batang terkait digitalisasi.

Bisnis digital kini telah menjadi sebuah keharusan untuk para pelaku bisnis dan semua pebisnis pun bergegas untuk menguatkan bisnis digitalnya.

Salah satunya, PT Krakatau Information Technology (KITech) merupakan anak perusahaan dari PT Krakatau Steel dan KItech juga berencana fokus terhadap teknologi digitalisasi kawasan industri dalam mengejar pendapatan perusahaan.

Budi Tjandra Negara selaku Presiden Direktur PT Krakatau Information Technology mengatakan bahwa digitalisasi kawasan industri yang nanti dijadikan spesialisasi dari PT KITech sebagai tawaran berbisnis.

PT KITech juga telah menjalin kerja sama bersama kawasan industri di Medan dalam melakukan proses digitalisasi.

“Kami ambil contoh di Medan, bagaimana kawasan industri di Medan itu bisa menghasilkan revenue dari digitalisasi. Misalnya bagaimana pengolahan limbah itu kalau dikelola dengan digitalisasi bisa menghasilkan revenue. Jadi kawasan industri bisa mengecharge berapa limbah yang dikeluarkan dan bisa diukur. Jadi kalau ada kelebihan limbah kimianya maka tenantnya bisa dicharge,” ungkap Budi dalam Podcast Sofa Panas yang diselenggarakan oleh PT Krakatau Sarana Properti.

PT KITech juga terus menjajaki kerja sama dengan sejumlah kawasan industri lainnya dalam melakukan sebuah proses teknologi digitalisasi.

Kerja sama lainnya yang akan segera berjalan yaitu dengan kawasan industri Batang terkait digitalisasi.

Rencananya, PT KITech juga akan membuatkan aplikasi pengelolaan wisma serta marketing dengan menggunakan berupa teknologi satelit. Menurut beliau, Kawasan industri yang ada di Batang itu juga digadang-gadang oleh Presiden Jokowi akan menjadi pabrik dari mobil listrik Tesla.

KITech juga rupanya sudah melakukan memorandum of understanding, dengan tidak hanya menjual sistem akan tapi juga perlengkapannya.

PT KITech di sini juga menilai bahwa cyber optic juga dapat dijadikan sarana bisnis oleh kawasan industri.

Beliau di sini juga memberi contoh, bahwa instansi nya sudah menjalin kerja sama dengan operator demi berbagi revenue dari nilai pemakaian internet dari tenant atau juga penyewa yang ada di kawasan industri.

“Kami sudah memaparkan ini kepada kawasan industri di Medan dan mereka tertarik. Pada dasarnya kami tidak hanya menjual sistem tapi juga mengarahkan kawasan industri agar bisa menciptakan revenue dari digitalisasi,” ujar Budi.

Tantangan PT KITech sebagai perusahaan IT juga semakin besar pada tiap tahun. Bukan saja karena semakin banyak perusahaan IT yang baru sebagai pesaing, akan tetapi juga semakin sedikit sumber daya manusia yang tersedia di sana.

Karena hal tersebut, beliau juga berencana untuk membuat pusat pelatihan IT demi tenaga kerja di kota Cilegon.

Bukan hanya itu, membuat pusat pelatihan, PT KITech di sini menjalin kerja sama dengan universitas yang ada di kota Cilegon demi mencari sumber daya manusia khususnya yang ada di bidang teknologi informasi.

Biasanya, PT KITech juga membuka program magang bagi mahasiswa apabila kinerjanya bagus, tentu nantinya mahasiswa magang itu juga akan ditawarkan untuk bekerja sebagai karyawan setelah lulus kuliah.

“Bahkan, ada yang masih magang dan karena memang bagus maka kita tawaran Job Offer. Job Offer ini bukan karyawan tapi bekerja berdasarkan project. Ini semua kita lakukan untuk mencari programmer yang andal karena semakin hari semakin sulit untuk mencari programmer yang mumpuni,” ujar Budi