freightsight
Minggu, 19 Mei 2024

INFO INDUSTRI

Jenis Komoditas dalam Perdagangan Internasional

9 Desember 2022

|

Penulis :

Freightsight Researcher

Jenis Komoditas dalam Perdagangan Internasional

via unsplash

Komoditas merupakan suatu kegiatan dagang untuk semua hasil tambang, perdagangan barang atau jasa yang diperjualbelikan dengan tujuan supaya bisa mendapatkan keuntungan. Cara penjualan jenis komoditas ini tidak hanya diperjual belikan saja tetapi juga bisa dengan cara barter, asalkan kedua barang tersebut sama atau sepadan. Produk yang berhasil dapat dijual hingga ke internasional dengan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Hasil perdagangan internasional komoditi tersebut tentu tidak sedikit sehingga pedagang perlu lebih teliti dalam membuat laporan keuangan. Terlebih lagi sistem perdagangan dapat dijalankan secara online sehingga pedagang harus pandai-pandai dalam mengelola laporan keuangan dan stok dari produk komoditas dagang yang tersedia. Komoditas ada banyak jenis, karakteristik dan sistem penjualannya.

Apa yang Dimaksud dengan Komoditas?

Secara umum, komoditas adalah produk barang yang dapat diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan atau ditukarkan dengan barang lain yang nilainya sama. Para pakar mengungkapkan bahwa komoditas merupakan benda berwujud yang cenderung mudah untuk diperjualbelikan, bisa diserahkan wujudnya, dapat disimpan dalam kurun waktu tertentu, dapat ditukarkan dengan produk lain yang jenisnya sama, yang dapat diperjualbelikan oleh pemegang saham dalam bursa berjangka.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), komoditas adalah barang dagangan utama, benda mentah yang dapat dikategorikan berdasarkan kualitasnya sesuai dengan standar internasional. Jadi, komoditas adalah barang perdagangan utama dan benda niaga lain yang bisa diperjualbelikan sebagai produk impor atau ekspor untuk mendapatkan keuntungan.

Apa yang Dimaksud dengan Komoditas?

Secara umum, komoditas adalah produk barang yang dapat diperjualbelikan untuk mendapatkan keuntungan atau ditukarkan dengan barang lain yang nilainya sama. Para pakar mengungkapkan bahwa jenis komoditas merupakan benda berwujud yang cenderung mudah untuk diperjualbelikan, bisa diserahkan wujudnya, dapat disimpan dalam kurun waktu tertentu, dapat ditukarkan dengan produk lain yang jenisnya sama, yang dapat diperjualbelikan oleh pemegang saham dalam bursa berjangka.
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), komoditas adalah barang dagangan utama, benda mentah yang dapat dikategorikan berdasarkan kualitasnya sesuai dengan standar internasional. Jadi, komoditas adalah barang perdagangan utama dan benda niaga lain yang bisa diperjualbelikan sebagai produk impor atau ekspor untuk mendapatkan keuntungan.

Apa Saja Contoh Komoditas? (dan Jenis-Jenisnya)

Komoditas memiliki ruang lingkup produk yang sangat luas. Biasanya komoditas dimanfaatkan menjadi obyek inti dalam suatu transaksi perdagangan yang kemudian terbagi menjadi empat antara lain:

1. Logam

Komoditas ekspor Indonesia yang termasuk dalam jenis pertambangan dibagi menjadi menjadi dua yaitu logam berharga dan logam industri. Logam berharga ini mencakup platinum, emas, perak dan palladium. Dalam ruang lingkup perdagangan internasional, komoditas logam ini dihitung dengan satuan troy ons. Tetapi khusus emas dapat juga digunakan dengan satuan kilogram.
Komoditas jenis logam industri meliputi nikel, tembaga, aluminium, timah, magnesium, cobalt, titanium, besi dan karbon. Berbagai produk tambang ini biasanya diperjualbelikan dengan satuan ons, kilogram, ton dan metrik.

2. Energi

Komoditas jenis energi adalah berbagai produk tambang dan eksplorasi yang punya fungsi sebagai bahan bakar. Produk energi ini meliputi batu bara dan minyak bumi yang berupa bensin tanpa timbal, bensin, diesel, light sweet crude dan brent crude oil. Berbagai produk komoditas ini dijualbelikan dengan satuan ton, metrik dan barrel.

3. Pertanian

Komoditas pertanian adalah berbagai produk hasil pertanian yang di dalamnya terbagi menjadi dua yaitu hasil pertanian dan juga hasil perhutanan. Jenis komoditas pertanian meliputi gandum, kedelai, jagung, beras, gula, kopi, garam dan lainnya. Sedangkan komoditas perhutanan meliputi sawit, rotan, karet, kapas dan lainnya. Berbagai produk tersebut diperjualbelikan dengan aturan yang beragam, dapat gantang, ton, kilogram, atau ons.

4. Peternakan

Jenis peternakan adalah berbagai varian produk hasil peternakan yang meliputi daging, susu, dan pakannya. Contohnya adalah daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, daging sapi, daging ayam, daging bebek, susu dan pakan ternak. Dalam perdagangan internasional, komoditas tersebut dijual dengan satuan pon.

Komoditas Impor Indonesia

Komoditas Impor dari Berbagai Negara

  1. Aluminium
  2. Buah-buahan
  3. Sayuran
  4. Pupuk
  5. Pipa besi dan baja
  6. Tembaga
  7. Minyak bumi
  8. Tembakau
  9. Bahan bakar mineral, minyak mineral dan zat bitumen
  10. Garam dan sulfur
  11. Beras
  12. Jagung
  13. Kedelai
  14. Tepung terigu
  15. Gula pasir
  16. Gula tebu
  17. Daging lembu
  18. Daging ayam
  19. Susu

Klasifikasi Komoditas Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, komoditas dibagi menjadi dua jenis yaitu komoditas keras dan komoditas lunak. Berikut ini penjelasannya.

1. Komoditas Keras

Komoditas keras adalah varian produk yang didapatkan hasil alam dengan kegiatan pertambangan ataupun ekstraksi seperti minyak bumi, logam dan lainnya. Jenis komoditas keras tersebut, sebagian besar, didominasi oleh berbagai produk energi yaitu batubara, gas alam dan minyak. Untuk itu, tidak mengherankan jika negara yang bergantung pada ekspor tersebut memiliki nilai mata uang yang sangat berpengaruh pada volatilitas harga komoditas yang diekspor.

2. Komoditas Lunak

Komoditas lunak adalah berbagai variasi produk yang didapatkan dari hasil perhutanan, peternakan, serta pertanian seperti garam, beras, gula, kedelai, jagung, susu sapi, karet, daging sapi, biji kopi, daging ayam, sawit dan lainnya. Harga dan jenis komoditas ini memiliki pergerakan yang fluktuatif, yang artinya dapat naik dan turun secara mendadak karena ada pengaruh alam dan iklim cuaca.
Untuk itu, harga komoditas ini tidak dapat diprediksi secara akurat. Jenis komoditas tersebut juga tidak selalu tersedia di setiap negara karena ada pengaruh iklim cuaca dan kondisi alam sehingga hanya beberapa negara yang memiliki komoditas itu. Inilah salah satu manfaat perdagangan antar negara.

FAQ

Apa yang dimaksud komoditas usaha?

-Komoditi usaha adalah barang dalam bentuk fisik yang dapat ditransaksikan dengan barang yang bernilai sama. Umumnya, produk yang ditransaksikan berupa benda niaga yang mentah yang telah sesuai dengan standar perdagangan internasional.

Apa bedanya komoditas dan produk?

-Meskipun sering membingungkan dan dapat digunakan secara bergantian, istilah komoditas dan produk sangat berbeda. Komoditas adalah bahan mentah yang digunakan untuk membuat barang jadi. Sebuah produk, sebaliknya, adalah barang jadi yang dijual ke konsumen.

Bagikan artikel ini: