freightsight
Selasa, 5 Juli 2022

INFO INDUSTRI

Daftar Barang Ekspor dari Indonesia Unggulan

23 Mei 2022

|

Penulis :

Freightsight Researcher

barang ekspor dari indonesia

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Pandangan ini tidak sepenuhnya salah karena beberapa produk sumber daya alam ada di Indonesia menjadi produk utama ekspor saat ini. Ada beberapa barang ekspor dari Indonesia yang menjadi unggulan di pasar global. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mengkategorikan komoditas ekspor Indonesia menjadi dua yaitu migas (minyak dan gas) serta nonmigas.

Perkembangan tren perdagangan internasional Indonesia tentu saja salah satunya disebabkan karena adanya beberapa komoditas atau produk yang variatif serta memiliki daya saing baik dari segi kualitas ataupun harganya dan juga menjadi komoditas andalan bagi eksportir Indonesia ke mancanegara. Dengan melakukan ekspor maka pendapatan negara bisa bertambah lewat devisa.

Barang Ekspor dari Indonesia ke Luar Negeri

Berikut ini beberapa komoditas ekspor dari Indonesia keluar negeri:

  1. Textile dan Product Textile

    Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia adalah salah satu industry dengan prospek yang cukup cerah. Industri TPT adalah salah satu industry yang mendapatkan prioritas untuk dikembangkan di dalam negeri. Ini karena kontribusi yang dihasilkan dari industry TPT sangat signifikan bagi perekonomian nasional, khususnya sesuai dalam rancangan peta jalan Makin Indonesia. Selain itu, industry TPT juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar dan bisa diandalkan sebagai industry yang berguna untuk memenuhi kebutuhan sandang nasional.

    Untuk pangsa pasar ekspor Textile dan Produk Textile atau sejenisnya diekspor ke beberapa negara tujuan di antaranya Amerika Serikat, Jepang, Turki, Korea Selatan, Inggris, Tiongkok dan Malaysia.

  2. Elektronik

    Salah satu produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk elektronik. Bahkan industry elektronik ini juga mendapatkan prioritas pengembangan dalam program pemerintah peta jalan Making Indonesia 4.0. Industri elektronika khususnya untuk kebutuhan rumah tangga saat ini menunjukkan kinerja yang positif khususnya dari segi ekspor. Beberapa negara utama tujuan ekspor produk elektronik Indonesia antara lain Filipina, Singapura dan Malaysia.

  3. Karet dan Produk Karet

    Indonesia dikenal sebagai produsen karet terbesar kedua di dunia setelah Thailand dengan jumlah ekspor yang fantastis. Ini karena total konsumsi produk karet nasional cenderung lebih rendah sehingga karet yang dihasilkan lebih besar dikirimkan untuk kebutuhan ekspor. Ekspor karet alam Indonesia menjangkau lima benua yaitu Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Eropa dengan pangsa utama di Asia. Beberapa daerah penghasil karet terbesar di Indonesia berasal dari Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Riau dan Kalimantan Barat. Konsumsi karet domestic kebanyakan diserap oleh industry-industri manufaktur Indonesia, khususnya sector otomotif.

  4. Sawit dan Turunannya

    Kelapa sawit dan produk turunannya memang sudah tidak asing lagi sejak lama menjadi komoditas ekspor unggulan Indonesia ke seluruh dunia. Hal ini tidak lepas dari besarnya kekayaan alam Indonesia sebagai negara tropis yang menjadi tempat ideal tumbuhnya pohon kelapa sawit serta luasnya perkebunan komoditas tersebut. Produksi minyak sawit (CPO) dunia didominasi oleh Malaysia dan Indonesia. Kedua negara ini secara total menghasilkan sekitar 85-90% dari total produksi minyak sawit dunia.

    Industri perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit adalah industry utama bagi perekonomian Indonesia. Ekspor minyak kelapa sawit adalah salah satu sector penghasil devisa yang paling besar serta paling penting. Industri ini memberikan kesempatan lowongan kerja bagi jutaan orang Indonesia. Hampir 70% perkebunan kelapa sawit terletak di Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan tujuan ekspor produk sawit serta turunannya di antaranya adalah Tiongkok, Bangladesh, India, Pakistan, dan Singapura.

Barang Barang Ekspor dari Indonesia ke China

No Komoditas Ekspor dari Indonesia ke China
1 Nikel
2 Batu bara
3 Lignite
4 Minyak nabati
5 Baja

  1. Produk Hasil Hutan

    Komoditas ekspor Indonesia unggulan selanjutnya adalah produk hasil kehutanan yang merupakan salah satu contributor terhadap pendapatan negara. Angka ekspor hasil hutan terus meningkat pada setiap kuartal tahun 2021. Keanekaragaman produk furniture dan kerajinan Indonesia memiliki keunggulan baik dari segi desain yang unik ataupun legalitasnya karena dilengkapi dengan sertifikasi environmental friendly and trade sustainability.

    Salah satu sertifikat penting yang harus dimiliki oleh para eksportir produk kayu adalah sertifikat Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) atau V-Legal kayu. Beberapa negara tujuan ekspor produk hasil kehutanan atau yang memiliki bahan dasar kayu antara lain Tiongkok, Jepang, Arab Saudi, Libya, Jerman, Belanda dan Amerika Serikat.

  2. Alas Kaki

    Produk alas kaki Indonesia sepertinya sudah sangat terkenal di pasar internasional dan punya tingkat permintaan yang tinggi dari beberapa negara. Bahkan Indonesia tercatat adalah salah satu dari lima negara eksportir alas kaki terbesar di dunia. Kinerja ekspor alas kaki Indonesia mencatatkan kenaikan pertumbuhan pada tahun 2021. Sedangkan negara tujuan ekspor produk alas kaki Indonesia yang paling besar antara lain Amerika Serikat, Belgia dan Tiongkok. Sektor ini adalah asset penting untuk industri manufaktur Indonesia. Selain menghasilkan devisa, industry alas kaki juga menyediakan lapangan kerja untuk banyak orang.

  3. Otomotif

    Industri otomotif Indonesia sudah lama menjadi salah satu pilar penting dalam sector manufaktur nasional karena banyak perusahaan mobil terkemuka di dunia membuka pabrik-pabrik atau meningkatkan kapasitas produksinya di negara kita. Tidak hanya dibangun untuk memenuhi kebutuhan yang ada di dalam negara, produk otomotif Indonesia ini sepertinya juga diekspor keluar negeri dengan yang terbesar dikirim ke wilayah Asia Tenggara.

    Ekspor otomotif mengalami peningkatan pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain produk kendaraan utuh, produk otomotif lainnya seperti kendaraan dalam bentuk terurai dan produk komponen otomotif juga mencatatkan peningkatan yang signifikan pada tahun 2021. Indonesia memiliki industry manufaktur mobil terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand. beberapa negara tujuan ekspor komoditas ini antara lain Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Italia dan Jepang.

FAQ

Apa tujuan Indonesia melakukan ekspor?

-Untuk menjual suatu produk yang diproduksi di dalam negeri keluar negeri agar mendapatkan keuntungan dan pasar penjualan yang lebih luas.

Apa komoditas ekspor utama Indonesia?

-Udang, kopi, minyak kelapa sawit, kakao, karet dan produk karet, alas kaki dan elektronika.