freightsight
Selasa, 9 Agustus 2022

INFO INDUSTRI

Manfaat Perdagangan Internasional

31 Juli 2022

|

Penulis :

Freightsight Researcher

manfaar perdagangan internasional

Perdagangan internasional adalah transaksi jual beli antara satu negara dengan negara yang lainnya. Perdagangan internasional mencakup kegiatan ekspor dan kegiatan impor. Manfaat perdagangan internasional tentunya bisa dirasakan setelah ada kesepakatan antara dua belah pihak yaitu dimana ada dua negara yang bekerjasama. Perdagangan internasional pada dasarnya memilki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak bisa terpenuhi karena ada keterbatasan tertentu. 

International trade menjadi instrument bisnis yang tidak dapat dihindari, bahkan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengetahui lebih banyak hal mengenai perdagangan internasional sebagai wawasan dan referensi bagi anda yang suatu saat tertarik untuk terjun ke dalam dunia bisnis skala besar. International trade ini memang memberikan banyak sekali manfaat untuk negara-negara yang melakukannya. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Manfaat Perdagangan Internasional? 

Kegiatan jual beli antar negara ini membantu stabilkan harga barang dan meningkatkan kualitas konsumsi dalam masyarakat. Berikut ini manfaat dari perdagangan antar negara: 

  1. Menambah Devisa 

Devisa negara berupa valuta asing, emas dan surat berharga yang digunakan dalam transaksi pembayaran luar negeri. Devisa juga diterima serta diakui oleh dunia internasional misalnya dolar Amerika. Mata uang asing ini digunakan untuk ekspor dan impor barang yang dibutuhkan oleh suatu negara. 

  1. Membuka Lapangan Kerja 

Kegiatan ekspor membantu untuk memperluas lapangan kerja karena membutuhkan lebih banyak pekerja misalnya ekspor hasil pertambangan, pertanian, serta kerajinan menggunakan tenaga kerja yang ahli di bidangnya. 

  1. Harga Barang Menjadi Relatif Stabil 

Impor barang tentunya membantu memenuhi permintaan pasar. Penyebabnya tidak lain karena suatu jenis barang yang dibuat dalam negeri tidak terpenuhi serta harganya juga mahal. Impor barang membuat jenis barang tertentu menjadi lebih stabil dan permintaan jumlah juga terpenuhi. 

  1. Mempercepat Teknologi 

Barang-barang impor dari luar negeri sangat dibutuhkan untuk pengetahuan dan keterampilan. Adanya teknologi membantu negara untuk memproduksi barang menjadi lebih cepat dan produk menjadi lebih modern. 

  1. Meningkatkan Kualitas Konsumsi 

Penduduk mudah membeli barang yang dihasilkan di dalam negeri atau luar negeri. Salah satu manfaat perdagangan internasional bisa meningkatkan kualitas produksi dan harganya juga bersaing di pasar internasional. 

  1. Mempererat Hubungan Antarbangsa 

Manfaat perdagangan internasional bisa mempercepat hubungan antarbangsa. Dengan demikian. Setiap negara yang bekerja sama akan memiliki rasa membutuhkan satu sama lain sehingga rasa persahabatan pun akan tumbuh. Hubungan antarnegara akan menjadi semakin harmonis karena saling memberikan keuntungan bagi negara yang ikut dalam kerja sama tersebut. 

Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia 

No Manfaat Perdagangan Internasional untuk Ekonomi 
1Memperkuat dan meningkatkan Kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi di antara para anggota 
2Meliberalisasi dan meningkatkan perdagangan barang dan jasa serta menciptakan sistem perdagangan yang transparan dan memfasilitasi investasi 
3Menjelajahi bidang kerja sama baru serta mengembangkan kebijakan yang sempurna tentang kerja sama ekonomi di antara para anggota 
4Memfasilitasi integrasi ekonomi anggota yang lebih efektif serta menjembatani kesenjangan dalam pembangunan ekonomi di antara para anggota 
  1. Negara Semakin Makmur 

Perdagangan internasional bisa membuat negara semakin makmur. Ini terjadi karena jika ada suatu kekurangan atau kelebihan barang maka yang akan kekurangan akan membeli dan yang kelebihan akan menjual sehingga pendapatan negara semakin meningkat. Satu di antara parameter kemakmuran suatu negara dilihat dari bidang ekonominya. 

  1. Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 

Adanya persaingan dalam perdagangan internasional menjadikan setiap negara ingin menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Hal tersebut menjadi pendorong suatu negara untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi supaya produk yang dihasilkan memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk negara yang lainnya. 

  1. Mempererat Hubungan Politik 

Selain memiliki manfaat pada berbagai bidang ekonomi, internation trade juga memiliki manfaat pada bidang politik. Perdagangan internasional bisa mempererat hubungan politik setiap negara. Ini menyebabkan rasa persahabatan semakin erat. 

  1. Meningkatkan Investasi 

Dengan adanya perdagangan internasional, anda bisa menarik para investor untuk menanamkan saham. Dengan menunjukkan hasil produksi yang baik maka akan banyak investor yang ingin menginvestasikan modalnya. Semakin banyak investor yang menanamkan saham maka akan semakin meningkat juga pembangunan serta perekonomian. Dengan banyaknya investor bisa juga meningkatkan lapangan kerja. Dengan lapangan kerja yang banyak maka jumlah pengangguran akan semakin berkurang. 

  1. Mencegah Perdagngan Barang yang Membahayakan 

Manfaat perdagangan antar negara lainnya bisa mencegah terjadinya penjualan senjata dan obat-obatan terlarang, hewan langka atau barang lainnya yang membahayakan. Oleh karena itu, setiap negara di dunia memiliki bea cukai. Ini digunakan untuk memeriksa setiap barang yang datang apakah barang tersebut aman atau membahayakan. Pemeriksaan ini harus dilakukan untuk melihat pajak barang tersebut dan untuk memastikan apakah barang itu legal atau illegal. 

  1. Mengenal Berbagai Mata Uang Negara Lainnya 

Dengan adanya perdagangan internasional tentunya akan ada proses ekspor atau impor. Hal itu bisa mendorong kita untuk mengetahui berbagai mata uang dari negara yang saling berhubungan. Beberapa mata uang yang dijadikan alat pembayaran dalam perdagangan internasional di antaranya dolar Amerika Serikat dan poundsterling Inggris. 

  1. Meningkatkan Efisiensi dan Negara Spesialisasi 

Perdagangan internasional bisa melahirkan kekhasan suatu negara misalnya Indonesia sebagai salah satu penghasil serta eksportir minyak sawit terbesar sejak puluhan tahun silam. Oleh karena itu, Indonesia disebut dengan spesialisasi minyak sawit. Keberadaan negara spesialisasi sama pentingnya sama seperti ketika anda memilih brand pakaian favorit. Jika merasa cocok dengan brand A maka anda bisa membelinya lagi, bahkan tidak segan menyarankannya ke rekan-rekan yang lainnya. 

FAQ 

Apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional

-Perdagangan internasional adalah kegiatan yang terkait dengan transaksi barang dan/atau jasa yang terjadi antar negara dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Perdagangan merupakan proses tukar menukar barang dan jasa dari suatu wilayah dengan wilayah yang lainnya. 

Apa tujuan perdagangan internasional? 

-Tujuan perdagangan internasional adalah mendorong kegiatan produksi menjadi lebih maksimal. Tidak lain, tujuan perdagangan internasional adalah memperluas pasar di luar negeri. Jika pasar luar negeri semakin luas maka produksi dalam negara terdorong semakin meningkat.  

Bagikan artikel ini:

Tags: