freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

REGULASI

Syarat dari Kemendag untuk Dibukanya Kembali Keran Ekspor CPO

18 Mei 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor CPO

Ekspor CPO via Serambinews.com

Pemerintah membuka peluang pembukaan kembali keran ekspor minyak sawit mentah atau CPO kalau harga minyak goreng curah sudah stabil di angka Rp14.000/liter.

• Kemendag mengatakan pihaknya saat ini merealisasikan program Minyak Goreng Rakyat akan disebarkan di 10.000 titik pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Pemerintah kini tengah membuka peluang pembukaan kembali keran ekspor minyak sawit mentah atau CPO kalau harga minyak goreng curah stabil di angka Rp14.000/liter.

Oke Nurwan selaku Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan juga mengatakan bahwa larangan ekspor CPO akan kembali dievaluasi jika harga minyak goreng curah menyentuh harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp14.000/liter atau Rp15.500/kilogram.

Oke Nurwan mengatakan saat meninjau program Minyak Goreng Rakyat di warung klontong Kecamatan Makasar, Jakarta Timur pada Selasa (17/5/2022) bahwa tidak hanya petani yang perlu ekspor, karena mau bagaimana pun negara juga butuh ekspor.

Oke mengatakan bahwa ketika harga sudah sesuai HET dan konsisten, keran ekspor CPO kembali dibuka pemerintah. Oke yang mendampingi Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan juga bahwa masalahnya harga berkelanjutan seberapa lama, ketahanannya. Apakah harganya juga akan konsisten sehingga pasokan pun dibatasi. Saat ini 200 liter, besok 200 liter, jika sekarang dipasok 2.000 liter habis semua.

Beliau juga menambahkan parameter harga minyak goreng curah bisa disebut sesuai HET jika memang harga Rp14.000/liter di 10.000 titik pasar tradisional.

Beliau juga mengatakan pihaknya perlu mendata distributor yang komit dan langsung mendaftar pada pihaknya untuk bisa menjual harga Rp14.000/liter.

Muhammad Lutfi selaku Kepala Menteri Perdagangan (Kemendag) juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang merealisasikan program Minyak Goreng Rakyat akan disebarkan di 10.000 titik pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Beliau juga mengatakan pihaknya akan fokusnya tentang ketersediaan juga keterjangkauan minyak goreng curah. Begitu stabil, mudah-mudahan stabil pada kesempatan pertama, nanti baru bicara tentang relaksasi ekspor [CPO] tersebut.

Beliau juga menambahkan bahwa program Minyak Goreng Rakyat kini telah tersebar di 1.200 titik sejak dilaksanakan sebelum Lebaran. Pihaknya juga akan mempercepat ini dulu dan mudah-mudahan minggu depan sudah 5.000 titik dan minggu selanjutnya 10.000 titik pada kesempatan pertama.

Kemudian beliau juga mengatakan bahwa program sinergi BUMN Holding Pangan ID Food dalam distribusi migor curah ini menggunakan aplikasi platform digital.

Sejak resmi diberlakukannya pelarangan ekspor pada 28 April 2022 lalu, rupanya harga TBS petani memang anjlok secara drastis bahkan hingga 60 persen yang ada di beberapa daerah.

Hal ini jelas saja sukses membuat Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesi (Apkasindo) menggelar aksi demontrasi tentang larangan ekspor minyak goreng dan CPO di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Jakarta pada Selasa (17/5/2022).

Bagikan artikel ini: