freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

PELABUHAN

Presiden Minta Pelabuhan Indonesia Bisa Masuk Supply Chain Global

1 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan indonesia di sore hari

Fish auction port © Fajar raihan via Unsplash

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo secara langsung datang ke nusa tenggara timur, untuk melakukan acara peresmian merger PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Pada acara peresmian tersebut, presiden Indonesia tersebut menyampaikan bahwa dengan adanya penggabungan ini, berharap Pelindo bisa mencari celah untuk mencari partner bisnis untuk bisa menjadi bagian dari supply chain global.

“Saya minta agar ini dipartnerkan cari partner yang punya networking jaringan luas sehingga nanti terkoneksi dengan negara lain dengan baik,” ujar Jokowi dalam acara peresmian merger Pelindo dan Pelabuhan Wae Kelambu Labuhan Bajo.
Besar harapan Joko Widodo agar nantinya Indonesia bisa membawa produk buatan dalam negeri untuk disalurkan pada negara-negara lain. Ekspor yang dilakukan memang akan membuat nilai ekonomi Indonesia bisa mengalami partumbuhan baik.

“Artinya produk kita, barang kita bisa jelajah kemana-mana masuk supply chain global, goalnya ke sana,” ujarnya,
Penggabungan perusahaan Pelindo I-IV memang merupakan sebuah trobosan yang disambut baik oleh banyak pihak, bahkan, menurut pengakuan Joko Widodo, ultimatum untuk melakukan penggabungan PT Pelindo sejak beberapa tahun lalu. Sehingga, Joko Widodo juga berharap agar nantinya ada perusahaan-perusahaan lain yang ikut melakukan merger, hal ini karena dalam pandangan presiden, merger akan membuat kekuatan sebuah perusahaan, nantinya akan bisa jadi besar.

“Inilah yang kita harapkan nanti perusahaan-perusahaan lain juga seperti itu, jangan sampai kecil-kecil bertebaran sehingga kekuatannya menjadi minim, misal keuangan modal, kalau bergabung seperti ini kekuatannya jadi gede,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam peresmian penggabungan PT Pelindo (Persero) tersebut, juga memberikan apresiasi jajaran kementerian BUMN, kementerian perhubungan dan kementerian PUPR serta pihak terkait lainnya. Sebagai informasi, pembangunan pelabuhan Indonesia pada akhirnya membuat Indonesia memiliki kemungkinan untuk menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

“Sehingga tadi saya sangat apresiasi apa yang dilakukan Menteri BUMN dan jajarannya. Ini (Pelindo) akan jadi kekuatan besar bahwa akan masuk ke 8 besar di dunia,” ujarnya.

Bagikan artikel ini: