freightsight
Sabtu, 4 Februari 2023

LAPORAN INDUSTRI

Komoditas Ekspor dan Impor di Indonesia Beserta Potensinya pada Kemajuan Ekonomi Indonesia

29 November 2022

|

Penulis :

Editor Freightsight

via pexels

Dalam perdagangan internasional, Indonesia memiliki sejumlah komoditas unggulan.

Komoditas unggulan adalah barang dagang paling besar yang diperjualbelikan.

Pada dasarnya pengertian dari komoditas adalah produk dari suatu komoditi yang dapat dijual untuk memperoleh keuntungan atau ditukar dengan komoditi lain yang nilainya sama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, komoditas adalah barang dagangan pokok, komersial komoditas, yang dapat diklasifikasikan berdasarkan kualitas menurut standar internasional.

Komoditas diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu komoditas keras dan komoditas lunak. Komoditas keras dihasilkan dari melalui ekstraksi atau penambangan di alam. Contohnya batu bara, logam dan juga minyak bumi. Sedangkan untuk komoditas lunak diperoleh dari peternakan dan pertanian seperti kopi, CPO dan juga udang. Pengaruh kondisi alam dan cuaca pada jenis produk ini menyebabkan fluktuasi harga produk sehingga sangat sulit untuk memprediksi harga di masa depan secara akurat.

Dalam pengklasifikasian produk terdapat HS Code di setiap komoditas pada pasar internasional agar memudahkan dalam penetapan tarif, mencatat transaksi perdagangan, mengontrol transportasi, dan melaporkan data statistik perdagangan. Tidak sesuainya HS Cod

Silahkan Masuk atau daftar untuk membaca kelanjutan artikel ini