freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Dampak Dari Merger Pelindo Membuat Maersk Memberikan Catatan yang Positif

21 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Maersk Line mengungkap bahwa telah adanya dampak positif dari merger PT Pelindo terhadap layanan kepelabuhanan yang ada di Terminal Petikemas Belawan.

**Baru-baru ini saja justru shipping line di sini meminta supaya adanya notifikasi tagihan pembayaran (invoice) terkait jasa kepelabuhanan. *

PT Pelayaran Bintang Putih (Maersk Line) di sini mengungkap bahwa telah adanya dampak positif dari merger PT Pelindo (Persero) terhadap layanan kepelabuhanan yang ada di Terminal Petikemas Belawan, Sumatra Utara. Kepala Cabang PT Pelayaran Bintang Putih Medan Astarry Nugroho di sini pun juga mengatakan bahwa operator pelabuhan kini justru semakin responsif sejak penggabungan Pelindo I-IV pada Oktober 2021 lalu. "Salah satunya yang paling dirasakan yaitu masukan dari pengguna jasa itu lebih cepat ditanggapi," ujarnya melalui sambungan telepon kepada Tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia, Senin (19/9/2022).

Adapun salah satu contohnya, baru-baru ini justru shipping line di sini meminta supaya adanya notifikasi tagihan pembayaran (invoice) terkait jasa kepelabuhanan. Awalnya memang sama sekali tidak ada notifikasi terkait dengan hal tersebut padahal terdapat batas konfirmasi pembayaran jasa selama 48 jam. Untuk saat ini saja, kata Astarry, notifikasi invoice dikirimkan melalui surat elektronik (surel) atau e-mail dan juga dapat dilakukan secara langsung atau timely.
Konfirmasi setiap 24 jam sekali juga diberikan oleh pihak pelabuhan untuk bisa segera menyetujui bukti pembayaran.

Sementara untuk ke depannya, Astarry di sini pun juga menyebut terdapat sejumlah peningkatan yang dapat dilakukan di TPK Belawan. Misalnya saja, terkait peningkatan sistem perencanaan muat, kualitas data hasil penimbangan muatan serta koordinasi melalui media e-mail. "Penggunaan email untuk komunikasi lebih ditingkatkan lagi karena pengguna jasa principal-nya beberapa kadang butuh secara tertulis, walaupun lokal sudah mengerti kalau sudah dikonfirmasi lewat telepon atau What'sApp," ujarnya.

Adapun, perwakilan Maersk di Bbold textelawan ini juga mengoperasikan pelayaran untuk tujuan ekspor ke Singapura juga Malaysia dengan metode transshipment. Shipping line itu juga dapat membawa muatan impor dari kedua negara tetangga tersebut.

Bagikan artikel ini: