freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

REGULASI

Bea Cukai Lagi-Lagi Berikan Fasilitas Pabean Demi Dorong Percepatan PEN

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kumpulan agen pengiriman logistik

Birds-eye View Photo of Freight Containers © Tom F...

Demi membantu Indonesia bisa mewujudkan program pemerintah pemulihan ekonomi nasional (PEN), bea cukai lagi-lagi menunjukkan dukungannya. Kali ini, dukungan tersebut dilakukan oleh bea cukai dengan memberikan izin fasilitas kepabeanan pada perusahaan-perusahan yang ada di Cikarang dan Jakarta.

Perusahaan PT Haier Electrical Appliances Indonesia, adalah perusahaan yang mendapatkan salah satu layanan kepabeaan dari kanwil bea cukai Jakarta. Layanan ini adalah berupa fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE), dan didapatkan pada Senin 25/10/2021. PT HEAI sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada sektor manufaktur home appliance, dengan produk-produk yang mereka hasilkan berupa AC, Kulkas, dan TV. Sebelumnya, pada tahun 2021, kanwil bea cukai Jakarta juga telah memberikan fasilitas KITE pada 3 perusahaan lain.

“KITE merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang diberikan pemerintah melalui Bea Cukai untuk mendorong serta meningkatkan kegiatan ekspor. Dengan fasilitas ini, maka perusahaan akan mendapatkan pembebasan bea masuk, sehingga mampu menekan cashflow perusahaan dan mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional,” ujar Tubagus Firman, Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai.

Pt Van Aroma, juga menjadi perusahaan lain yang juga mendapatkan fasilitas dari bea cukai Jakarta. Fasilitas yang mereka berikan masih sama, yakni KITE, dan pemberian ini dilakukan pada kamis 21/10/2021. Pt Van Aroma sendiri merupakan sebuah perusahan yang bergerak pada sektor produksi minyak atrisis dan beberapa produk turunannya. Sebagai informasi tambahan, perusahaan PT Van Aroma, sudah memiliki pelanggan dari 50 negara, si seluruh Indonesia.

Besar harapan firman, agar nantinya para pelaku usaha bisa memanfaatkan baik-baik fasilitas yang telah diberikan oleh pihak bea cukai ini.

“Silahkan sampaikan ke kami baik itu ke Kantor Wilayah maupun Kantor Pelayanan apabila terdapat kendala selama pemanfaatan fasilitas ini, kami sangat berharap pemberian fasilitas kepabeanan ini dapat menjadi upaya untuk mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional”, katanya.

“Dengan pemberian fasilitas KITE ini, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan petani, menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta meningkatkan devisa ekspor dan impor. Sampaikan kepada kami apabila terdapat kendala selama pemanfaatan fasilitas ini,” ujar Firman.

Bagikan artikel ini: