freightsight
Jumat, 17 Mei 2024

PENGIRIMAN UDARA

Pemain Logistik Global Melihat Potensi di Pasar Kargo Udara India

17 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via stattimes.com

Pasar angkutan udara India memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan seiring pertumbuhan ekonomi.

Maskapai penerbangan khusus kargo India sedang berusaha untuk mengkonsolidasikan operasi mereka karena industri melihat tanda-tanda permintaan kapasitas yang kuat. Langkah ini muncul sebab dorongan oleh gelombang pengirim global nearshoring.

SpiceXpress, yang dipintal induknya SpiceJet pada bulan lalu, telah memenangkan investasi $100 juta dari SRAM & MRAM Group yang berbasis di Inggris.

Ketua dan MD SpiceXpress, MD Ajay Singh mengatakan investasi ini akan membantu SpiceXpress tumbuh dan berkembang serta memberikan layanan yang lebih efisien dan efisien.

CEO SRAM & MRAM, Sailesh Lachu Hiranandani mengatakan, perusahaan melihat peluang pertumbuhan yang sangat baik dalam ruang logistik dan kargo. Adapun perusahaan ini adalah grup terdiversifikasi yang percaya bahwa pasar angkutan udara India memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan seiring pertumbuhan ekonomi.

"Dalam waktu singkat sejak awal, [SpiceXpress] telah menunjukkan pertumbuhan luar biasa di pasar kargo udara yang baru lahir dan kami melihat potensi luar biasa bagi perusahaan di pasar kargo dan logistik India yang berkembang pesat," terangnya.

Kemitraan kargo ini mengikuti pertukaran hutang ekuitas yang dilakukan SpiceJet dengan lessor pesawat Carlyle Aviation Partner, sebagai bagian dari upaya keras jangka panjang untuk mengurangi beban hutangnya yang berat. Konversi ini menandakan keuntungan 7,5% saham untuk perusahaan.

Teleport agregator kapasitas angkutan udara adalah pemain lain yang ingin mengambil bagian dari pasar India yang menjanjikan.

Cabang logistik Capital A Berhad Malaysia, sebelumnya Grup AirAsia, Teleport telah mencapai kolaborasi strategis dengan Pradhaan Air Express yang berbasis di Delhi, dengan kapal angkut A320 yang dikonversi – sebuah pesawat Astral Aviation yang disewa melalui Vaayu Group.

Co-founder dan CEO Pradhaan, Nipun Anand mengungkapkan bahwa kemitraan ini merupakan langkah besar untuk mencapai tujuan perusahaan.

Begitupun dengan perusahaan, Astral Kenya yang percaya akan ada peluang di India. CEO Sanjeev Gadhia mengatakan kepada CH Aviation bahwa Astral ingin mengambil saham di Pradhaan.

"Kami melihat mungkin mengambil saham di maskapai dalam beberapa bulan ke depan," katanya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga sedang mengevaluasi A321 dan A330-300(P2F) untuk maskapai baru tersebut. Pembagian kapasitas dengan Teleport diharapkan mencakup koneksi antara India dan Asia Tenggara.

Pradhaan mengoperasikan layanan internasional pertamanya ke Hanoi pada bulan Desember. Ketika Pradhaan bersiap untuk menambahkan Astral A320P2F kedua, aliansi ini dapat membuktikan taruhan yang berguna untuk aliran pendapatan yang stabil, karena perusahaan logistik kelas berat, termasuk DHL, UPS, dan FedEx, terus meningkatkan layanan dari India.

Sementara forwarder dan pemangku kepentingan industri lainnya tetap optimis di pasar kargo udara India. Direktur angkutan laut dan udara di Jet Freight Logistics yang berbasis di Mumbai, Joy John mengatakan kepada The Loadstar: “Dengan manufaktur yang tumbuh dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, permintaan akan kapasitas angkutan udara di India pasti akan meningkat," tandasnya.

“Investasi oleh Foxconn di unit-unit India dan deklarasi baru mengenai SpiceJet dan Pradhaan di vertikal kargo adalah langkah-langkah yang diarahkan menuju prospek pasar tersebut," tambahnya.

Kepala sistem komunitas kargo global di Kale Logistics Solutions, Suneet Gupta, mencatat bahwa perluasan jaringan bandara – dari saat ini 148 menjadi 220 pada tahun 2025 – akan menjadikan India salah satu pasar penerbangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

“Pasar kargo udara India menghasilkan sekitar 2,2 juta ton lalu lintas, dengan 30% dihasilkan dari segmen domestik. Lalu lintas kargo internasional belum pulih ke tingkat pra-pandemi, tetapi pergerakan domestik telah, terutama didorong oleh ekspres dan e-commerce," bebernya.

Namun, beberapa maskapai penumpang India masih menghadapi kesulitan keuangan, termasuk SpiceJet. Maskapai murah menghadapi tuntutan pengadilan atas iuran sewa yang belum dibayar, dengan Aircastle yang berbasis di Irlandia pihak yang dirugikan terbaru untuk mencari proses kebangkrutan atas default $ 8,5 juta terkait dengan empat pesawat B737-800 yang disewa.