freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

PELABUHAN

Tarif Truk Logistik di Priok Naik 25%, di Belawan Naik 30%

8 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Truk Logistik via antaranews.com

Tarif truk angkutan barang dan logistik di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta naik rata-rata 21 s/d 25 persen, sementara di Pelabuhan Belawan Medan naik dikisaran 25 s/d 30 persen.

Tarif truk angkutan barang dan logistik di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta naik rata-rata 21 s/d 25 persen, sementara di Pelabuhan Belawan Medan naik dikisaran 25 s/d 30 persen, menyusul kenaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar.

Hal itu merujuk pada surat pengumuman DPD Aptrindo DKI Jakarta yang diterbitkan pada 5 September 2022 yang ditandatangi Ketua Aptrindo DKI Soedirman dan Sekretaris Fathul Anas, prihal penyesuaian tarif angkutan barang di wilayah DKI Jakarta, termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok.

Sedangkan kenaikan tarif truk di pelabuhan Belawan merujuk pada Surat Pemberitahuan DPC Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Belawan yang ditandatangani Ketua Ery Salim dan Sekretaris H .A. Jumala Wijaya pada 5 September 2022.

Tarif truk pengangkutan barang dan logistik tidak bisa dihindari menyusul adanya kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Solar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pada Sabtu (3/9/2022).

Menurut Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, dengan adanya kenaikan BBM Solar bersubsidi itu, otomatis sangat memengaruhi penambahan cost operasional trucking.

“Penetapan kenaikan tarif truk juga telah melalui pembahasan dengan tim tarif untuk menghitung secara komprehensif penaikan tarif angkutan/trucking tersebut,” ucap Gemilang.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax. Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30.

“Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian,” ujar Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022).

Menteri ESDM Arifin Tasrif selanjutnya menjabarkan penyesuaian harga BBM terbaru tersebut yakni; harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Harga Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, dan harga Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.