freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PENGIRIMAN LAUT

Tarif Transatlantik Dikhawatirkan Tenggelam di Bawah Bobot Tonase Ekstra

1 Desember 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Operator laut meningkatkan tonase dan mengalihkan kapasitas ke layanan pantai timur Eropa Utara-AS, di mana tarif spot tetap tinggi.

Operator laut meningkatkan tonase dan mengalihkan kapasitas ke layanan pantai timur Eropa Utara-AS, di mana tarif spot tetap tinggi. Ellerman City Liners akan meluncurkan layanan transatlantik bulan depan, mengerahkan kapal yang digunakan pada layanan ekspres China-Inggris.

Sementara anggota Ocean Alliance meningkatkan kehadiran mereka di rute tersebut dengan secara bertahap memasukkan kapal berkapasitas 14.000 TEU untuk menggantikan tonase yang lebih kecil. Karena tarif spot peti kemas untuk ekspor Asia anjlok selama beberapa bulan terakhir, tarif FAK pada rute headhaul dari Eropa Utara ke pantai timur AS mempertahankan keuntungan mereka dan masih sekitar $6.500 per 40 ft.

Selama bertahun-tahun, jalur perdagangan transatlantik telah terbukti jauh lebih tidak stabil untuk operator daripada rute transpasifik dan Asia-Eropa yang lebih besar, dengan volume yang kuat dengan tarif headhaul 40 kaki sekitar $2.000.

Namun, permintaan yang tinggi dan meroketnya tarif yang ditawarkan untuk ekspor China dalam dua tahun terakhir menggoda operator untuk memindahkan tonase transatlantik ke perdagangan lain yang lebih menguntungkan, menyebabkan krisis kapasitas dan lonjakan tarif di rute tersebut.

Kurangnya tonase, kemacetan pelabuhan di Eropa Utara dan pantai timur AS, yang disebabkan oleh operator yang mengerahkan tonase tambahan dari Asia jauh dari kemacetan parah di pantai barat, dan kekurangan peralatan merupakan faktor penyebab lonjakan tarif. Pada awal Januari 2021, tarif setinggi 40 kaki dari Liverpool ke New York berkisar pada $2.000, tetapi pada akhir tahun lalu tarif tersebut telah melonjak hingga lebih dari $7.000, karena tarif spot hanya mengalami sedikit penurunan.

Namun, pasar telah berputar penuh, dan operator sekarang berebut bagian dari perdagangan Atlantik Utara yang sangat menguntungkan dengan menambah kapasitas dengan mengorbankan layanan lain.

Ellerman akan mengerahkan 5.060 teu SC Mara pada layanan transatlantik baru setelah kapal panamax melepas impor Asia di pelabuhan Eropa Utara pada pertengahan Desember. Jadwal pro-formanya adalah Antwerpen, Rotterdam, Tilbury, New York, Wilmington, dan Jacksonville.

Menurut Alphaliner, kapal kedua yang bergabung dengan layanan Ellerman adalah Mona Lisa berkapasitas 3.534 teu, yang saat ini dikerahkan di loop China-Inggris. Kedua kapal tersebut disewa selama dua tahun oleh Ellerman, diambil setahun lalu ketika tarif sewa tipikal untuk kapal ini melebihi $40.000 per hari.

Sementara itu, Alphaliner melaporkan, mitra Ocean Alliance akan segera mulai mengerahkan kapal berkapasitas 14.000 TEU di transatlantik, menggantikan kapal berkapasitas 8.500 TEU menjadi 10.000 TEU. The Evergreen-cartered 13.656 teu Tampa Triumph akan menjadi kapal terbesar yang pernah dikerahkan dalam perdagangan ketika bergabung dengan loop TAT2 aliansi pada 9 Desember.

Kapasitas ekstra dan pengenalan layanan baru hampir pasti akan berdampak negatif pada harga.

“Pada akhir tahun, kapasitas nominal loop TAT2 akan meningkat menjadi 12.675 teu per minggu, dibandingkan dengan 8.500 teu pada bulan September,” kata Alphaliner.