freightsight
Sabtu, 20 April 2024

IMPOR

Persediaan yang Menua Mengalahkan Rencana GRI Perusahaan Pelayaran

22 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via koran-jakarta.com

• Volume impor peti kemas AS turun 21%.
• Pelabuhan LA menurun throughput peti kemas impor seperempat bulan lalu menjadi 343.688 teu.

Volume impor peti kemas AS turun 21% bulan April, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, menurut analisis terbaru dari konsultan John McCown tidak ada tanda-tanda pemulihan permintaan.

Pelabuhan Los Angeles mengalami penurunan throughput peti kemas impor seperempat bulan lalu menjadi 343.688 teu, dari level tertinggi setahun lalu, ketika itu ada 100 kapal yang berlabuh di luar wilayah San Pedro Bay menunggu dibongkar di terminal Los Angeles dan terminal Long Beach yang berdekatan.

Tidak mengherankan sebagai konsekuensi dari fundamental permintaan lemah, harga spot peti kemas trans pasifik tetap berada di bawah tekanan dengan prospek surut setiap hari bagi operator laut memperkenalkan GRI telah diantisipasi pada pertengahan Juni.

Indeks Xeneta XSI Asia - pantai barat AS minggu ini turun tipis menjadi $ 1.454 per 40 kaki, sementara Freightos Baltic Index (FBX) Asia - komponen pantai timur AS juga sedikit lebih rendah pada $ 2.325 per 40 kaki.

Namun demikian, perusahaan forwarder China terus menggembar-gemborkan harga sekitar $ 1.100 per 40 kaki untuk pantai barat AS dan $ 2.300 per 40 kaki untuk pelabuhan pantai timur AS "untuk pengiriman yang cepat" sehingga membuat tugas tim negosiasi operator untuk menandatangani kontrak tahunan baru belum ditandatangani dengan BCO pada harga "sedikit di atas harga" menjadi lebih sulit.

Berbicara kemarin dalam briefing kargo bulanan pelabuhan, Seroka mengatakan ekonomi global mendingin dan negosiasi tenaga kerja di pantai barat AS berkepanjangan berkontribusi pada perlambatan perdagangan.

Harga spot stabil di pasar Asia - Eropa minggu ini, meskipun pelemahan dalam perdagangan terlihat lagi di pelabuhan Hamburg menunjukkan penurunan volume peti kemas kuartal pertama sebesar 17% dari tahun ke tahun.

Harga rata-rata FBX flat di $1.376 per 40 kaki dari Asia ke Eropa Utara, sementara harga spot dari Asia ke Mediterania juga tidak berubah di $2.458 per 40 kaki.

Dampak pada pasar dari injeksi 2M bulan depan dari sembilan kapal ultra-besar tambahan ke dalam jaringan Asia - Eropa Utara dan Asia - Mediterania masih harus dinilai.

Namun, adopsi pengukusan super lambat oleh kapal-kapal dikerahkan pada loop dioperasikan oleh Maersk dan MSC dirancang untuk menyerap kapasitas pentahapan kapal-kapal baru yang sebagian besar dimiliki oleh MSC dan oleh karena itu mempertahankan status quo dalam hal kapasitas mingguan yang ditawarkan.

Sebagian besar kontak forwarder The Loadstar minggu ini tampaknya tidak peduli dengan tambahan waktu pelayaran tiga hari ke Eropa Utara dari China, meskipun beberapa berpikir bahwa klien mungkin meminta pengiriman dengan operator menawarkan transit lebih cepat untuk kargo yang sensitif terhadap waktu.

Di tempat lain, di transatlantik, pertumpahan darah tarif terus berlanjut dengan cepat.

Memang, rata-rata pasar XSI Eropa Utara ke pantai timur AS minggu ini turun 8% setelah kehilangan 24% dalam sebulan terakhir dan dua pertiga dari nilainya setahun yang lalu.

Menurut salah satu kontak forwarder, harga pasar headhaul trans-atlantik turun di bawah rata-rata historis $2.000 per 40 kaki dengan ekspektasi terus turun.

Bagikan artikel ini: