freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Perputaran Ekonomi Sea Port Terbesar di Dunia

1 November 2021

|

Penulis :

Abdu Rauf

Pemandangan Pelabuhan Singapura di saat senja

Port of Singapore from Labrador Park © Wengang Zha...

Tingkat ekonomi dalam sebuah negara tentunya dapat diukur, salah satunya dengan melihat kapasitas pelabuhan laut yang dimiliki oleh negara tersebut. Pelabuhan laut (Sea Port) di sini merupakan pelabuhan muatan barang dalam memenuhi kebutuhan keluar dan masuknya barang melalui pelabuhan tersebut.

Berdasarkan PP No. 69 tahun 2001, jenis pelabuhan laut disini berfungsi untuk perdagangan luar negeri. Aktivitasnya pun meliputi beberapa kegiatan mulai dari bongkat muat, penyimpanan kargo, persinggahan kapal peti kemas. Umumnya tempat ini akan disinggahi oleh berbagai kapal dengan bendera nasional maupun internasional. Hal ini terjadi karena adanya persetujuan bilateral masing-masing negara.

Fasilitas yang akan tersedia diantaranya adalah dermaga, crane, dan gudang. Kapasitasnya pun dapat diukur dan dihitung berdasarkan banyak muatan yang dapat disimpan dalam satuan twenty-foot equivalent unit (TEU). Umumnya satu kontainer 20 kaki sama dengan 1 TEU. Satuan kapasitas lain menggunakan volume kargo atau tonase bongkar muat.

Dengan fungsinya yang sangat strategis ini, tempat pelabuhan laut pun sering kali dijadikan sebagai penentu gerak perekonomian dalam suatu negara. Berikut ini akan diulas 3 Sea Port Terbesar di Dunia dengan pergerakan ekonomi tercepat:

1. Port of Shanghai – China
Port of Shanghai ini memiliki dua peran dalam perjalannya, yakni sebagai pelabuhan laut sekaligus juga pelabuhan sungai. Pada 2011 lalu, tercatat aktivitas lalu lintas muatan kargo di sini sebanyak 29 juta TEU. Port of Shanghai juga telah menjadi jantung untuk perekonomian di beberapa kawasan lainnya, seperti Provinsi Zhejiang, Provinsi Jiangsu, serta Provinsi Henan.

2. Port of Ningbo Zhoushan – China
Pelabihan laut yang satu ini sebenarnya gabungan dari dua pelabuhan lama di China, yakni Ningbo Port dan juga Zhoushan Port. Penggabungan ini dilakukan di tahun 2006 dengan tujuan untuk mempermudah proses pengelolaan perairan dalam satu koordinasi. Ningbo Port sendiri telah masuk dalam peringkat 10 besar pelabuhan laut di dunia. Dengan penggabungan kedua sea port ini, posisinya pun mulai kembali merangkak dan mampu menggeser posisi dari Port of Singapore.

3. Port of Singapore
Pelabuhan laut Singapore ini merupakan tempat paling besar dan juga paling sibuk di Asia Tenggara. Dalam peringkat dunia, Port of Singapore berhasil menempati posisi kedua dan ketiga sejak 2008. Hal menarik yang akan ditemukan di sini adalah Singapore menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan luas wilayah terkecil. Pelabuhannya pun terhubung dengan 600 pelabuhan lain di seluruh dunia yang berada di lebih dari 100 negara.

Itulah 3 Sea Port terbesar di Dunia yang paling sibuk dan menjadi pusat perputaran ekonomi bagi negaranya. Di Indonesia sendiri aktivitas perekonomian semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini pastinya bisa mendorong kualitas sea port semakin meningkat lagi.