freightsight
Sabtu, 20 April 2024

PELABUHAN

Pemkab Trenggalek Dorong Optimis Pelabuhan Prigi Mampu Dongkrak Ekonomi

28 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan Prigi via antarafoto.com

Pemkab Trenggalek optimistis Pelabuhan Prigi dapat mendongkrak ekonomi kawasan pesisir selatan Jawa dengan mendukung kegiatan ekspor.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek optimis Pelabuhan Prigi yang terletak di Kecamatan Watulimo akan mendongkrak ekonomi kawasan pesisir selatan dan sekitarnya seiring konektivitas infrastruktur dengan jalur lintas selatan dan Bandara Kediri. “Pelabuhan yang ada di Teluk Prigi bisa menjadi salah satu pengungkit untuk bisa membuka pintu perekonomian di kawasan selatan Jawa,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin di Pendopo Trenggalek pada Minggu (25/9/2022).

Keberadaan JLS yang sudah tersambung lintas daerah ini, memudahkan jalur transportasi darat dari Pacitan menuju Trenggalek hingga Pelabuhan Prigi. Demikian pula sebaliknya. Tak hanya dengan wilayah Pacitan yang terletak di sisi barat, JLS dari Trenggalek ini secara bertahap juga sudah tersambung dengan Kabupaten Tulungagung, meskipun pembangunan saat ini masih terus berlangsung.

Akses darat yang nantinya tersambung mulai dari Banyuwangi hingga Pacitan via JLS, akan terkoneksi dengan jalur laut melalui Pelabuhan Prigi Trenggalek. "Kemudian di tahun depan, 2023 nanti selesai itu JLS sampai yang ada di Tulungagung. Artinya, kalau Tulungagung 'coverage' wilayah ke Blitar sampai ke Malang, belum lagi tahun depan Bandara Kediri juga sudah hadir," imbuhnya.

Konektivitas infrastruktur itu diyakini akan membuka pintu-pintu perekonomian di kawasan pesisir selatan. Begitu pun dengan laju pertumbuhan ekonomi yang diharapkan bisa mengentaskan garis kemiskinan seiring kemudahan mobilisasi.
"Kalau kita melihat kemiskinan di Indonesia itu hampir 40 persennya ada di Jawa dan dari 40 persen yang ada di Jawa itu 30 persennya itu di Jawa bagian selatan yang cukup banyak. Jadi kita perlu banyak ungkitan pintu-pintu ekonomi untuk melakukan akselerasi,” jelas dia.

Selain soal transportasi skala domestik, tidak menutup kemungkinan Pelabuhan Prigi juga bisa merambah skala internasional. Misalnya soal urusan ekspor impor di sisi selatan seperti dengan Australia hingga Selandia Baru yang mungkin pintunya hanya ada di Jawa Timur, dapat mengandalkan Pelabuhan Prigi sebagai pilihan strategis.
“Dan pilihannya mungkin ya bisa jadi lewat pintu Prigi ini. Karena kita punya teluk 500 hektare luasnya itu paling aman dibandingkan dengan teluk-teluk lain yang ada di selatan Jawa,” katanya.