freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

PELABUHAN

Pasca Kemacetan, Pemilik Kargo Kembali Gunakan Pelabuhan Pantas Barat AS

5 Juni 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via wikipedia.org

Gerbang barat kehilangan volume ke pelabuhan di pantai timur dan Teluk setelah kekhawatiran akan potensi penguncian atau kemacetan.

Pemilik kargo yang menguntungkan telah mulai memindahkan lalu lintas kembali ke pelabuhan pantai barat AS dari timur.

Gerbang barat kehilangan volume ke pelabuhan di pantai timur dan Teluk setelah kekhawatiran akan potensi penguncian atau kemacetan.

Pengembalian sebagian didorong oleh meningkatnya kepercayaan bahwa gangguan serius tidak akan terjadi, dan sebagian karena tekanan biaya.

Gerbang kembar Long Beach dan Los Angeles telah mengalami penurunan volume kontainer yang tajam. Throughput di LA turun 22% YoY di bulan April, dengan volume dalam empat bulan pertama 29% lebih rendah dibandingkan periode yang sama di tahun 2022.

Menurut Descartes Datamyne, pelabuhan pantai barat memproses 40% impor peti kemas AS pada kuartal pertama tahun ini, turun dari 45% pada periode yang sama tahun 2019.

Namun sekarang, menurut Bob Imbriani, SVP internasional forwarder Team Worldwide telah banyak terlihat lebih banyak barang kembali ke pantai barat.

Sementara Steen Christensen, COO internasional dari Seko Logistics, mengatakan bahwa telah terjadi pergeseran saat ini operator telah mengerahkan kapasitas yang cukup. Pengirim Colgate-Palmolive telah mengalihkan 25% dari impor peti kemasnya tetapi telah mulai mengembalikan sebagian darinya.

Pelabuhan telah melihat uptick. Bulan lalu, Gene Seroka, direktur eksekutif pelabuhan Los Angeles, mengatakan volume kotak naik 28% dari Februari hingga Maret dan 10% lainnya dari Maret hingga April – dan dia memperkirakan tren ini akan berlanjut bulan lalu.

Pelabuhan terdekat Oakland mencatat 174.482 teu pada April, naik dari 170.268 bulan sebelumnya, dan pertumbuhan bulan kedua berturut-turut, kata direktur maritim Bryan Brandes.

“Mengingat peningkatan yang kami lihat dalam bisnis, kami optimis tentang babak kedua yang lebih kuat melalui Oakland,” tambahnya.

“Kami juga mengantisipasi peningkatan jumlah layanan angkutan laut yang ditawarkan di pelabuhan dalam beberapa bulan mendatang," sambungnya.

Sebagian besar pergeseran menjauh dari barat dikaitkan dengan kekhawatiran tentang penghentian pekerjaan di pelabuhan selama negosiasi kontrak antara pekerja pelabuhan dan operator jalur dan terminal.

Pembicaraan ini telah berlarut-larut melampaui berakhirnya kontrak musim panas lalu. Kedua belah pihak bungkam tentang pembicaraan tersebut, tetapi melaporkan kemajuan pada bulan April. Bulan lalu utusan rantai pasokan Gedung Putih menyatakan keyakinannya bahwa kesepakatan tentatif harus segera dicapai.

Pengamat juga mengambil hati dari harapan pemerintah membawa negosiasi ke hasil yang bermanfaat tanpa penghentian di sepanjang jalan. Pemerintah dengan cepat mencegah pemogokan selama negosiasi antara kereta api dan serikat pekerja kereta api pada bulan Desember.

Biaya adalah faktor kuat lainnya yang mendorong pemilik kargo untuk kembali ke pantai barat.
"Tarif ke pantai barat turun secara dramatis," kata Imbriani.

Menurut Freightos, minggu lalu, tarif dari Asia ke pantai barat mencapai $1.540 per feu, sementara harga dari Asia ke pantai barat mencapai $2.321 per feu.

Greg Weigel, chief business officer AIT Worldwide Logistics, mengatakan beberapa volume yang dialihkan masih bergerak ke pantai timur.

"Kami berharap, dengan tarif pantai barat yang masih turun, pergeseran kembali ke barat akan semakin cepat," tambahnya.

Ada tekanan lebih lanjut pada tarif kargo dari Asia yang bergerak melalui Terusan Panama.

Beberapa jalur peti kemas mengumumkan biaya tambahan dan batas berat untuk 1 Juni, sebagai tanggapan atas pembatasan draf akibat rendahnya permukaan air. Ini kemungkinan akan memburuk dalam beberapa minggu ke depan, karena ketinggian air diperkirakan akan turun lebih jauh hingga Juli.

Sulit untuk mengetahui berapa banyak pemilik kargo lalu lintas yang dibawa kembali ke pantai barat, tetapi ada kesepakatan luas bahwa beberapa telah berjalan untuk selamanya.

Bagikan artikel ini: