freightsight
Kamis, 25 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Operator Berjuang Mempertahankan GRI Trans Pasifik Akibat Tarif Berada di Bawah Tekanan

8 Mei 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via shutterstock.com

GRI trans pasifik pertengahan April diberlakukan oleh operator menjelang kontrak tahunan.

Masih ada risiko terkait sejumlah besar tonase kapal baru akan dikirim tahun ini dan tahun depan.

GRI transpasifik pada pertengahan April yang diberlakukan oleh operator, menjelang finalisasi kontrak tahunan, mulai kehilangan tenaga karena tarif spot peti kemas dari Asia ke AS kembali mengalami tekanan.

Komponen XSI Asia-AS pantai barat Xeneta turun 9% minggu ini, menjadi $ 1.484 per 40 kaki, sementara harga spot rata-rata Freightos Baltic Exchange FBX turun 10% menjadi $ 1.527 per 40 kaki.

Untuk pantai Atlantik, harga FBX pelabuhan Asia ke timur AS dan Gulf Coast turun 4%, menjadi $2.407 per 40 kaki.

Selama panggilan pendapatan Q1 Maersk kemarin, CEO Vincent Clerc mengomentari keberhasilan relatif GRI di trans pasifik, dengan menambahkan: "Telah terjadi bounce-back, karena sepertinya keadaan sedikit menguat, yang merupakan hal yang positif."

Selain itu, ia mengatakan bahwa "perilaku yang lebih rasional dan perilaku yang lebih baik" dari industri pelayaran telah mencegah tarif pada rute tersebut "turun sepenuhnya".

Namun, Mr Clerc mengatakan masih ada risiko terkait sejumlah besar tonase kapal baru akan dikirim tahun ini dan tahun depan.

Seperti halnya ketua Yang Ming, Cheng Cheng-mounte, Mr Clerc meremehkan gagasan tentang rebound lebih awal dari perkiraan di jalur perdagangan dan berkata: "Kami terus mengharapkan pemulihan volume di paruh kedua tahun ini."

Namun, menurut konsultan berbasis di AS, Jon Monroe, para operator menekan BCO untuk menyelesaikan kontrak tahunan tepat di atas level spot saat ini, tetapi ia melaporkan bahwa beberapa kesepakatan dengan pengirim bervolume lebih besar diselesaikan lebih rendah.

"Saya mendengar kontrak BCO yang besar dengan harga $1.200 ke pantai barat AS dan $2.200 ke pantai timur," ujarnya.

Di tempat lain, di jalur perdagangan Asia ke Eropa, pasar spot melanjutkan tren positifnya dalam beberapa minggu terakhir karena WCI Drewry menunjukkan kenaikan 3% dalam seminggu untuk Eropa Utara, menjadi $ 1.645 per 40 kaki, dan kenaikan 2% untuk pelabuhan Asia ke Mediterania, menjadi $ 2.322 per 40 kaki.

Ada banyak rumor GRI pertengahan Mei ke Eropa Utara, tetapi mengingat kelemahan pasar yang terus berlanjut, para operator khawatir mereka tidak akan dapat mempertahankan kenaikan tersebut.

Seperti yang diharapkan, harga spot di trans-atlantik normal kembali, setelah maskapai membanjiri pasar dengan kapasitas ekstra. Komponen FBX Eropa Utara ke pantai timur AS turun 10% lagi minggu ini, menjadi $2.768 per 40 kaki, sementara XSI anjlok 15%, dan 33% dari bulan ke bulan, menjadi $2.628 per 40 kaki.

Pada tingkat erosi ini, XSI akan kembali turun ke tingkat rata-rata historis untuk jalur perdagangan $ 2.000 per 40 kaki sebelum akhir bulan. Masih harus dilihat apakah operator dapat mempertahankan tarif pada tingkat itu dan apakah pendatang baru di rute tersebut dapat bertahan.