freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

PENGIRIMAN LAUT

Kepala Dishub NTT Katakan Ongkos Trucking dari Pelabuhan Tenau Kupang Memerlukan Standarisasi

16 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Dishub NTT mengusulkan Pergub dapat mengatur standarisasi tarif muatan kargo angkut kontainer yang biasanya mengangkut logistik dari Pelabuhan terkesan sangat mahal.

Dengan tingginya tarif trucking dari pelabuhan menuju dalam Kota tentu saja menurut dia ini tentu telah disebabkan oleh karena sedikitnya jasa yang bergerak di bidang kargo pelabuhan sehingga memang para masyarakat tidak mampu untuk bisa mempunyai pilihan.

Dinas Perhubungan atau Dishub NTT kini telah mencoba untuk bisa mengusulkan bahwa Peraturan Gubernur atau Pergub untuk dapat mengatur standarisasi tarif muatan kargo angkut kontainer yang biasanya mengangkut logistik dari Pelabuhan Tenau Kupang ke dalam wilayah Kota Kupang dan rupanya angkutan itu dinilai terkesan sangat mahal.

Isyak Nuka selaku Kepala Dinas Perhubungan NTT di sini juga telah mengatakan bahwa pihaknya rupanya sudah menyiapkan rancangan Pergub yang telah mengacu pada regulasi nasional sehingga tarif kargo tidak akan lagi ditentukan sesuai dengan keinginan para pengusaha.

“Kita sedang menyiapkan regulasinya tentunya kita mengacu kepada regulasi-regulasi yang memang secara nasional supaya kita coba untuk mengatasi hal ini. Jadi rancangan pergubnya sedang kita siapkan mudah-mudahan bisa segera diselesaikan untuk kita naikan kepada gubernur untuk kemuadian nanti disampaikan kepada mereka,” katanya, Selasa 9 Agustus 2022 lalu.

Dengan tingginya tarif trucking dari pelabuhan menuju dalam Kota tentu saja menurut dia ini tentu telah disebabkan oleh karena sedikitnya jasa yang bergerak di bidang kargo pelabuhan sehingga memang para masyarakat sudah lagi tidak mampu untuk bisa mempunyai pilihan.

“Kalau misalnya mereka itu banyak usaha yang bergerak dibidang itu saya kira harganya pasti bisa bersaing dan bisa mendapatkan harga yang sesuai tapi karena mereka sendiri jadi mereka sesuka-sukanya memasang harga, kita tidak punya pilihan akhirnya harga segitu ya kita ikut,” tambahnya.

Di samping itu, berdasarkan laporan dari Darius Beda Daton selaku Ketua Ombudsman RI Perwakilan NTT rupanya juga telah mengatakan bahwa pihaknya rupanya juga pernah mendapatkan pengaduan dari jasa angkutan kontainer yang juga tentunya telah merasakan bagaimana tentang tingginya tarif kargo atau trucking dari pelabuhan Tenau yang menuju pada perkotaan.

“Pengguna jasa kontainer itu mengaku tidak ada srtandar tarif dari pelabuhan ke dalam kota sehingga sepertinya tarif cargo itu mereka rasakan mahal sehingga itu bisa berpengaruh terhadap harga barang yang dijual kepada konsumen,” ungkapnya.

Darius di sini juga tentu saja telah menjelaskan dengan sudah dijalankannya rapat untuk tentang bagaimana penentuan tarif kargo dan usulan pergub maka akan ada pergub tentang pedoman tarif kargo yang di dalamnya akan bisa mengatur standar tarif untuk setiap jasa angkutan yang melayani di bidang trucking.