freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

IMPOR

Jokowi Mengatakan Sama Sekali Tidak Impor Beras Selama 3 Tahun Terakhir

23 Mei 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Impor Beras

Jokowi via okezone.com

Selama tiga tahun terakhir, Indonesia sudah tidak lagi mengimpor beras setelah sebelumnya pernah mengimpor sampai 1,5 hingga 2 juta ton beras pada setiap tahunnya.

Ini adalah hal yang harus tetap dipertahankan ke depannya, bersyukur stoknya bisa perbesar yang artinya bahwa ini adalah produktivitas petani itu memang harus lebih ditingkatkan lagi.

Selama tiga tahun terakhir, Indonesia sudah tidak lagi mengimpor beras setelah sebelumnya pernah mengimpor sampai 1,5 hingga 2 juta ton beras pada setiap tahunnya, ungkap Joko Widodo selaku Presiden RI.

Beliau sangat berharap bahwa capaian tersebut bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan menggenjot produktivitas petani beras yang ada di dalam negeri.

Jokowi mengatakan dalam Rapat Kerja Nasional V Projo yang dikutip dari akun YouTube Palti West pada Sabtu (21/5/2022) yang memang biasanya sudah pernah impor 1,5 juta sampai 2 juta ton untuk per tahunnya dan sekarang sudah 3 tahun ini tidak impor beras lagi. Ini adalah hal yang harus tetap dipertahankan ke depannya, bersyukur stoknya bisa perbesar yang artinya bahwa ini adalah produktivitas petani itu memang harus lebih ditingkatkan lagi.

Walaupun demikian, tentu Jokowi pun mengakui bahwa Indonesia memang masih mengimpor beras-beras yang khusus hanya dari luar negeri saja, misalnya beras khas Jepang, Korea, dan India untuk dikonsumsi warga negara tersebut yang ada di Indonesia.

Mantan wali kota Solo tersebut juga mengatakan bahwa meskipun ada impor, kecil, tetapi itu adalah beras-beras khusus.

Jokowi juga melanjutkan bahwa harga beras di Indonesia juga berada di bawah rata-rata, yaitu Rp 10.700 per kilogram. Beliau pun juga membandingkan bahwa dengan harga beras yang ada di Korea Selatan sebesar Rp 53.000 per kilogram, kemudian Rp 52.000 kilogram di Amerika Serikat, dan Rp 18.000 per kilogram yang ada di Filipina.

Hal inilah yang memang harus disyukuri serta sudah 3 tahun ini tidak impor beras lagi, karena yang namanya beras tidak impor sama sekali sudah tiga tahun terakhir ini.