freightsight
Minggu, 19 Mei 2024

PELABUHAN

Inilah Gambaran Proyeksi Sektor Logistik di Tahun 2023

19 Oktober 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Sektor Logistik via supplychainindonesia.com

Setijadi menyatakan bahwa optimisme perkembangan sektor dan bisnis logistik di tahun 2023.

Direktur Pelindo memaparkan peran dan perkembangan pelabuhan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi juga logistik nasional serta proyeksinya di 2023.

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi menyatakan bahwa optimisme perkembangan sektor dan bisnis logistik di tahun 2023 berdasarkan tingkat pemulihan dan kinerja yang luar biasa pada triwulan I dan II tahun 2022.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kedua triwulan itu lapangan usaha terdekat dengan sektor logistik adalah transportasi juga pergudangan tumbuh berturut-turut sebesar 15,79 persen dan 21,27 persen. Pertumbuhan tersebut adalah paling tinggi jika dibandingkan lapangan-lapangan usaha lainnya.

“Namun demikian, perlu dianalisis perkembangan lebih lanjut dan proyeksinya pada tahun 2023, berkaitan dengan perkembangan geopolitik, disrupsi rantai pasok global, dan ancaman krisis tahun 2023,” ujar Setijadi, pada Minggu (16/10/2022).

Beliau juga mengatakan bahwa untuk itu SCI juga akan menggelar Seminar Outlook Bisnis Logistik tahun 2023 pada Rabu (19/10/2022), dengan melibatkan para pembicara berkompeten, antara lain yaitu Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti yang akan membahas terkait perkembangan, proyeksi, peluang dan tantangan perekonomian Indonesia juga program pembangunan pemerintah soal sektor logistik.

Kemudian, Chairman SCI & CEO Ruang Logistik Setijadi terkait peran dan perkembangan sektor logistik serta proyeksi, peluang dan juga tantangan sektor logistik Indonesia di tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono memaparkan terkait peran dan perkembangan pelabuhan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi juga logistik nasional serta proyeksinya di tahun 2023.

Sedangkan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman mengupas terkait karakteristik dan perkembangan industri makanan dan minuman serta proyeksinya di tahun 2023.

Narasumber lainnya, President Director & CEO Logistic Group Sarana Citranusa (SCN) Logistic Group Aulia Febrial Fatwa, Praktisi dan konsultan industri farmasi Pre Agusta Siswantoro, Group CEO at PowerCommerce.Asia Hadi Kuncoro, CEO Mostrans Berty Argiyantari dan Presiden Director PT Brinks Solution Indonesia David Maksud.

Setijadi menjelaskan bahwa seminar itu bertujuan mempertemukan para praktisi, pemerintah, akademisi sampai pemerhati bidang logistik demi membahas strategi terbaik untuk menghadapi peluang juga tantangan bisnis logistik 2023.