freightsight
Sabtu, 2 Maret 2024

INFO INDUSTRI

Daftar Perusahaan Freight Forwarder Indonesia Terbesar

6 Oktober 2023

|

Penulis :

Freightsight Researcher

freight forwarder indonesia

Freight forwarding Indonesia termasuk ke dalam salah satu istilah yang tidak asing lagi dalam kegiatan ekspor dan impor. Ini tidak lain karena jasa freight forwarder menjadi salah satu kegiatan yang berada dalam badan hukum atau sebuh perusahaan yang di dalamnya menyediakan jasa sebagai pelaksana. Semula, orientasi dari freight forwarding ini dikhususkan pada konsumen. Artinya pelayanan adalah produk produsen. 

Jasa angkutan adalah perencanaan transport logistic yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Pegelola jasa adalah pengusaha transportasi tanpa logistic yang berperan menciptakan produk serta jasa. Ini harus sesuai dengan keinginan konsumen, termasuk keadaan dan tempat yang dibutuhkan. 

Apa itu Freight Forwarding? 

Freight forwarding adalah perusahaan yang bergerak  di bidang jasa pengangkutan barang secara menyeluruh. Bertugas mewakili eksportir, importir, shipper, atau consignee untuk semua pengiriman barang dari pengangkutan, pengiriman, penerimaan bahkan pengaturan transportasinya yang lebih efisien, aman dan hemat. 

Jadi, forwarder tidak hanya sebatas memindahkan barang namun bertindak sebagai ahli dalam jaringan logistic perdagangan internasional. Dia bisa menggunakan berbagai mode pengiriman, apakah dengan kapal, truk, pesawat, dan kereta api. Dalam satu pengiriman dapat menggunakan beberapa mode transportasi. 

Tugas Asosiasi Freight Forwarder Indonesia

No Tugas Freight Forwarder Indonesia
1 Memilih rute dan moda pengiriman
2 Penerimaan barang
3 Pengurusan serta penerbitan dokumen
4 Mengurus dan mengajukan klaim pada pihak asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang
5 Menghitung serta menerima airwaybill ataupun bill of lading dari transport pengangkut barang
6 Membayar biaya handling, freight dan biaya yang berhubungan dengan pengiriman
7 Mengirimkan barang pelanggan ke tempat tujuan, domestic ataupun internasional
8 Menerima barang impor pengangkut
9 Melakukan pengurusan bea cukai masuk serta biaya yang tertagih dari Pelabuhan trasit dan tujuan
10 Mengirimkan barang dari Pelabuhan penerimaan ke warehouse untuk disimpan sementara

    Daftar Freight Forwarder Indonesia

  • Andalin

Andalin merupakan perusahaan freight forwarder berbasis teknologi yang menggabungkan layananan pengiriman, bea cukai, asuransi dan lainnya dalam satu platform. Perusahaan ini memiliki klien berbagai perusahaan besar dan juga multinasional seperti Rentokill, Wingsgroup dan lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Freight Forwarder yang Aman dan Terpercaya

  • Linc Group 

Sebagai perusahaan freight forwarding yang berdiri sejak tahun 2001, menjadi yang terbesar di Indonesia dengan karyawan sampai 400 orang. Sasaran utama Linc seperti industry-industri ataupun perusahaan FMCG, kosmetik, teknologi sampai ritel. Lokasi perusahaan ini ada di daerah Grogol, Kebayoran Lama. 
  • PT Kemasindo Cepat Nusantara

Perusahaan ini didirikan di tahun 1997 untuk memberikan layanan supply chain internasional. Kemasindo memiliki 9 kantor cabang di seluruh Indonesia.
  • MSA Kargo

Perusahaan lokal ini sudah berdiri lama sejak tahun 1981. Perusahaan ini memiliki berbagai macam layanan mulai dari air dan sea freight, custom brokerage, warehouse dan banyak layanan lainna.
  • FIN

Perusahaan ini telah berdiri lebih dari 45 tahun di Indonesia. Perusahaan ini telah memiliki sertifikasi untuk mendukung layanan mereka seperti AEO dan ISO.

Daftar Freight Forwarder Multinasional

  • JAS Forwarding Worlwide

JAS yang berdiri pada tahun 1978 di Italia saat ini termasuk sebagai freight forwarder terbesar yang ada di Indonesia. Anda dapat menemukan kantor ini di JAS Indonesia HQ Menara Anugrah Lanta. Ada juga di PT JAS Worldwide Indonesia Bumi Mandiri Tower II Lt. 8 Genteng Surabaya 60271. 
  • Damco

Perusahaan freight forwarder selanjutnya adalah Damco yang menjadi salah satu cabang perusahaan A.P Moller (Maersk Group). Perusahaan yang punya cabang terbesar pada lebih dari 90 negara lebih dari 300 kantor. Lokasinya berada di Jl. Cakung Industri I No. 2, Rorotan, Cilincing 14140 Jakarta Utara. 
  • SDV Logistics 

SDV merupakan perusahaan logistic, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Grup Bollore. Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan termasuk transportasi internasional, custom broker, pergudangan serta distribusi dan manajemen rantai pasokan. Dengan kantor pusat yang ada di pinggiran barat Paris, Prancis, perusahaan telah menjalankan jaringan global 600 lembaga dan mempekerjakan 35.800 pekerja di 102 negara. 

Baca juga: Mengenal Jasa Freight Forwading, Tugas, dan Manfaatnya

  • Panalpina 

Panalpina merupakan perusahaan dari Swiss, penyedia jasa forwarding dan logistic yang berspesialisasi di angkutan udara serta laut. Maskapai ini mengoperasikan jaringan dari sekitar 500 cabang pada lebih dari 80 negara, di 80 negara lebih, kelompok bekerja sama dengan mitra terpilih. Panalpina mempekerjakan sekitar 15.000 orang di seluruh dunia. Hub Panalpina terletak di Luxembourg, di Findel Airport, Alabama, di Bandara Intrenasional Huntsville. 
  • Sinotrans 

Sinotrans adalah perusahaan yang sudah disetujui oleh Komite Standar Logistik China sebagai satu-satunya AAAAAA (tingkat tretinggi di Cina) kelompok di Cina yang melibatkan dalam bisnis logistic yang komprehensif. Sinotrans & CSC telah berkembang menjadi sebuah perusahaan dengan lebih dari 1000 perusahaan domestic dan lebih dari 100 cabang di luar negeri. 
  • CEVA Logistics 

CEVA Logistics adalah salah satu perusahana logistic yang terbaik di dunia, menawarkan design end to end, kemampuan implementasi serta operasional pada bidang freight forwarding, contract logistics, transportation management dan distribution management. Di Indonesia, CEVA Logistics sudah beroperasi di 30 wilayah serta punya lebih dari 1000 karyawan. 

Baca juga: Simak, Jenis-jenis Bisnis Freight Forwader untuk Pegiat Ekspor Impor

  • C.H. Robinson 

C.H. Robinson merupakan penyedia jasa logistic ekspor pihak ketiga yang dinobatkan sebagai 3PL nomor 1 oleh pembaca majalah Inbound Logistics untuk enam kali berturut-turut. Sebagai salah satu penyedia logistic pihak ketiga terbesar (3PL) di dunia, C.H. Robinson menyediakan berbagai layanan logistic, memasok buah dan sayuran segar dan managed services untuk lebih dari 110.000 konsumen dan 68.000 mitra perusahaan truk lewat jaringan 280 kantor yang sudah terintegrasi dan memiliki lebih dari 13.000 karyawan.

Nah, itulah daftar perusahaan freight forwarder, dari Nasional maupun Multinasional. Lalu, bisa dikatakan peran freight forwarder dalam kegiatan ekspor dan impor di tanah air sangat penting. Dengan adanya jasa pelayanan dari freight forwarder, para eksportir dan importir lebih mudah dalam melakukan pengiriman dan penerimaan barang.

Bagikan artikel ini:

ARTIKEL TERKAIT